Kamis, 19 November 2015

Pengetahuan



Karakteristik Samudera-samudera Di Dunia
1. Karakteristik Samudera Hindia.
Karakteristik Samudera Hindia adalah :
  1. Dikelilingi oleh Benua Asia dan Benua Afrika pada bagian Tmur, Utara danBarat, hanya bagian Selatan yang terbuka bebas langsung berhubungandengan Kutub Selatan .
  2. Seluruh wilayah Samudera Hindia berada di bagian wilayah Garis Bujur Timur.
  3. Samudera Hindia menjadi sumber air hujan bagi negara-negara Asia bagianTenggara dan Selatan, serta bagian Timur Benua Afrika.
  4. Samudera Hindia jarang menimbulkan badai besar seperti Samudera Pasifiksehingga pelayaran melalui Samudera Hindia relatif aman.
  5. Pada dasar samudera yang berbatasan dengan benua Asia terdapat pusatpusat tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng dasar samudera sehinggamenjadi daerah labil atau pusat gempa bagi negara-negara Asia sepertiIndonesia, India, Afghanistan dan Iran.

2. Karakteristik Samudera Pasifik
  1. Merupakan samudera terluas di dunia
  2. Mempunyai palung terdalam di dunia
  3. Dilalui garis tanggal internasional pada garis bujur barat dan garis bujur timur yang berimpit di Kepulauan Samoa. Hari Minggu di wilayah garis bujur barat berarti hari Senin diwilayah garis bujur timur.
  4. Arus Samudera Pasifik mengalir ke Samudera Hindia melalui Selat Makasar, Selat Lombok, Selat Bali , sebagian melalui Laut Halmahera dan Laut Maluku dan laut Arafuru.
  5. Dipinggiran Samudera Pasifik mengalir arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oya syiwo yang saling bertemu di Laut Bering menyebabkan kondisi air laut sangat baik untuk perkembangan ikan laut. Disanalah nelayan pane ikan.
  6. Dasar Samudera Pasifik sering menjadi pusat gempa bumi di Jepang, Philipina, pantai Barat a Amerika Utara dan Amerika Latin.
  7. International Date Line (IDL), garis batas penanggalan Internasional yaitu pada 180 BT dan 180 BB, berada di samudera Pasifik
3. Karakteristik Samudera Atlantik
  1. Merupakan samudera yang menghubungkan dunia lama (Eropa) dengan duniabaru ( Amerika ).
  2. Di Samudera Atlantik terdapat fenomena Segitiga Bermuda ( pantai timur AmerikaSerikat dekat Kepulauan Bermuda) yang terkenal karena daya gravitasinya yang besar atau menjadi pusat magnit bumi sehingga sering dikabarkan hilangnyakapal-kapal atau pesawat terbang yang melintas di atasnya.
  3. Sebagian besar wilayah Samudera Atlantik berada di wilayah garis bujur Barat.
4.. Karakteristik Samudera Arktik
Karakteristik Samudera Arktik adalah :
  1. Mempunyai suhu permukaan paling dingin dibandingkan samudera-samudera yang lain oleh karena letaknya yang paling jauh dari garis khatulistiwa.
  2. Samudera Arktik menjadi satu-satunya samudera yang tidak dilalui garis khatulistiwa dan berbatasan langsung dengan Kutub Utara. Dengan demikian maka Samudera Arktik menjadi samudera yang tidak ada batasnya, karena mengelilingi Kutub Utara secara penuh.
  3. Seluruh wilayah Samudera Arktik berada di Garis Lintang Utara

Samudera dan Karakteristiknya

REP | 21 June 2012 | 22:44 http://stat.ks.kidsklik.com/statics/kompasiana4.0/images/ico_baca.gifDibaca: 10290   http://stat.ks.kidsklik.com/statics/kompasiana4.0/images/img_komen.gifKomentar: 0   http://stat.ks.kidsklik.com/statics/kompasiana4.0/images/ico_nilai.gif0
Kawasan Samudera terdiri dari Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, Samudera Hindia dan Samudera Artika. Samudera-samudera mempunyai karakteristik tersendiri . Berbagai fenomena di samudera seperti luas, kedalaman, arus, gelombang, suhu permukaan , palung, salinitas , fungsi dan peran terhadap iklim serta kehidupan manusia , menarik untuk dikaji dan dibandingkan masing-masing samudera.
1. Samudera Pasifik
Samudera Pasifik merupakan samudera terluas di dunia kurang lebih 165.760.000 km² lebih luas dari seluruh negara di dunia yang luasnya kurang lebih 134.136.100 km ². Jadi luas Samudera pasifik 1,24 kali luas daratan dunia.
Samudera Pasifik mempunyai rata-rata kedalaman 4.282 meter dan bagian terdalam berupa palung yang memanjang dengan kedalaman 8.000 meter sampai dengan 11.232 meter (Palung IZU).
Ditengah Samudera Pasifik terdapat gugusan kepulauan Polynesia, Mikronesia, dan melanesia ( kawasan ini disebut Oceania) .
Posisi samudera Pasifik sangat penting bagi sektor ekonomi dan politik internasional. Negara-negara dikawasan ini tergolong mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan cepat. Oleh karena itu mereka membentuk forum kerjasama ekonomi negara-negara Pasifik (APEC).
Karakteristik Samudera Pasifik
1. Merupakan samudera terluas di dunia
2. Mempunyai palung terdalam didunia
3. Dilalui garis penanggalan internasional
4. Arus Samudera Pasifik mengalir ke Samudera Hindia lewat perairan Indonesia
5. Dasar Samudera Pasifik merupakan pusat gempa bumi seperti di Jepang, Philipina, Indonesia, Pantai Barat Amerika Utara dan Amerika Selatan.

2. Samudera Atlantik
Samudera Atlantik membentang dari pantai barat Eropa dan benua Afrika hingga pantai timur benua Amerika. Samudera Atlantik mempunyai luas ± 82.439.700 km ² atau kurang lebih separuhnya luas Samudera Pasifik dan rata-rata kedalaman 3.350 meter dengan titik terdalam 8.385 meter. Posisi Samudera Atlantik penting bagi lalu lintas perairan dari pelabuhan – pelabuhan besar negar-negara Eropa menuju Amerika, ke negara-negara Afrika dipantai baratnya menuju negara-negara Asia .
Karakteristik Samudera Atlantik
1. Merupakan samudera yang menghubungkan benua Eropa dan benua Amerika
2. Terdapat fenomena Segitiga Bermuda (Pantai timur Amerika dekat Kepulauan Bermuda) yang terkenal dengan daya grafitasinya yang besar atau menjadi pusat magnet bumi walaupun kebenarannya belum dapat dibuktikan secara ilmiah
3. Sebagaian wilayahnya berada di wilayah garis bujur barat
3. Samudera Hindia
Samudera Hindia mempunyai luas ± 73.426.500 km ² dengan kedalaman rata-rata 3.811 meter sedangkan titik terdalamnya 7.449 meter. Samudera Hindia dikelilingi oleh Benua Asia disebelah Utara, Benua Australia disebelah timur , wilayah kutub selatan dibagian selatan dan benua Afrika di sebelah barat. Fungsi utama Samudera Hindia menghubungkan negara-negara Asia dan negara-negara Afrika . Samudera Hindia merupakan penyedia uap air yang dibawa negara-negara Asia selatan dan Asia Tenggara serta negara pantai timur Afrika sebagai hujan.
Karakteristik Samudera Hindia
1. Seluruh wilayahnya digaris bujur timur
2. Menjadi sumber hujan bagai negara-negara Asia selatan, Asia tenggaraserta bagian timur Benua Afrika
3. Samudera Hindia relatif jarang menimbulkan badai besar seperti Samudera Pasifik
4. Pada dasar samuderanya berbatasan dengan pusat-pusat tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng Samudera sehingga menjadi pusat gempa bagi negara-negara seperti Indonesia, India, Afganistan dan Iran.     
4. Samudera Artik /Artika
Samudera Artik terletak disebelah utara Benua Asia, Benua Amerika dan Benua Eropa . Merupakan samudera tersempit dengan luas ± 14.089.600 km² , kedalaman rata-rata lebih dangkal dari ketiga samudera diatas. Samudera ini mempunyai suhu terendah dibandingkan samudera-samudera lainnya. Bahkan dibagian utara terdapat bongkahan es abadi.
Karakteristik Samudera Artik
1. Mempunyai suhu yang paling dingin dibandingkan samudera lainnya
2. Samudera Artik merupakan samudera yang tidak dilalui garis khatulistiwa
3. Seluruh wilayahnya berada digaris lintang utara

Pengertian Benuda dan Samudra































Samudra adalah hamparan air asin yang mengelilingi daratan atau benua. Hamparan air asin yang relatif sempit disebut laut.Samudra adalah ketampakan muka bumi yang berupa perairan yang sangat luas. Berdasarkan luas permukaannya, samudra dapat dibagi atas empat samudra besar, yaitu Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik.

Benua dan samudra terbentuk melalui proses yang sangat panjang. Dahulu bentuk benua dan samudra tidak seperti sekarang ini. Setelah melalui proses yang panjang maka terbentuklah benua seperti pada saat ini. Bagaimanakah benua dan samudra terbentuk? Ada seorang ilmuwan asal Jerman yang bernama Alfred Wagener yang mengemukakan teori tentang pembentukan benua. Menurut Alfred Wagener, sebelum zaman Carbon (300 juta tahun yang lalu), semua benua yang ada sekarang ini tergabung menjadi satu yang disebut Benua Pangea.

Benua Pangea kemudian terpecah menjadi dua benua, yaitu Benua Laurasia (di bagian utara) dan Benua Gondwana (di bagian selatan). Proses pecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun lalu. Selanjutnya Benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membentuk benua Benua Amerika Utara.




 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KARAKTERISTIK SAMUDRA DI DUNIA

Samudra Pasifik

Luas Samudra Pasifik mencapai ± 165.385.450 km² dengan kedalaman rata-rata 4.250 m. Jika dilihat di globe, luas samudra ini meliputi hampir separuh permukaan bumi. Samudra Pasifik terletak di antara tiga benua, yaitu Asia, Amerika, dan Australia.
http://dahlanforum.files.wordpress.com/2009/05/samudra.jpg?w=300
Wilayahnya terbentang dari pantai Barat Amerika hingga pantai Timur Cina dan Australia dengan berbagai karakterstik berikut ini.
a.       Samudra Pasifik merupakan samudra terluas di dunia.
b.       Di Samudra Pasifik terdapat titik terendah di muka bumi, yaitu Palung Mariana (kedalaman 11.022 m) terdapat di Filipina.
c.       Samudra Pasifik memiliki banyak palung, yaitu Palung Tonga (10.882 m), Palung Kuril (10.542 m), Palung Filipina (10.497 m), Palung Kermatec (10.047 m), Palung Tzu Bonin (9.810 m), Palung New Hebrides (9.165 m), Palung South Solomon (9.140 m), Palung Jepang (8.412 m), Palung Peru-Cile (8.066 m), Palung Akution (7.822 m), dan Palung Amerika Tengah (6.662 m).
d.       Di Samudra Pasifik banyak terdapat gunung api aktif, sehingga sering terjadi gempa.
e.        Samudra Pasifik merupakan tempat pertemuan antara garis bujur Barat dan bujur Timur (180°) sebagai batas penanggalan internasional.
f.       Di Samudra Pasifik banyak terdapat negara kepulauan (kawasan Oceania).
g.       Di Samudra Pasifik banyak terjadi gejala alam El Nino dan La Nina, terutama di perairan yang dilintasi garis katulistiwa.
h.      Di Samudra Pasifik terdapat pertemuan arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oyasyiwo di Laut Bearing (Pasifik Utara) yang menimbulkan arus hangat dan merupakan kawasan tangkapan ikan yang sangat baik.

















Samudra Atlantik

http://dahlanforum.files.wordpress.com/2009/05/samudra-atlantik.jpg?w=299&h=300
Luas Samudra Atlantik mencapai ± 82.217.000 km² dengan kedalaman rata-rata 3.350 m. Samudra ini terletak di antara Benua Eropa, Afrika, dan Amerika, sehingga berperan sebagai jalur lalu lintas penghubung antara dunia lama dengan dunia baru dengan karakteristik berikut ini.
a.       Samudra Atlantik terletak di daerah bujur Barat.
b.      Samudra Atlantik memiliki kawasan yang diyakini sebagai pusat medan magnet bumi, yaitu di kawasan Segitiga Bermuda di Perairan Karibia (Amerika Tengah).
c.       Di Samudra Atlantik terdapat deretan punggung laut terpanjang di dunia, memanjang dari Utara (Samudra Arktik) ke Selatan sepanjang Samudra Atlantik dan ke Timur menuju Samudra Hindia.
d.      Di Samudra Atlantik terdapat pertemuan arus dingin dari Perairan Greenland dan arus panas dari Teluk Meksiko di Perairan Labrador.
e.       Di Samudra Atlantik terdapat beberapa palung laut, seperti Palung Puerto Rico (9.220 m), Palung South Sandwich (8.264 m), Palung Romance (7.856 m), dan Palung Caynon (7.500 m).

Samudra Hindia

http://dahlanforum.files.wordpress.com/2009/05/samudra-india.jpg?w=300&h=298
Luas Samudra Hindia mencapai ± 73.481.000 km² dengan kedalaman rata-rata 3.850 m. Samudra ini terletak di sebelah Selatan Benua Asia, sebelah Barat Australia, sebelah Timur dan Selatan Afrika, serta berbatasan dengan Kutub Selatan. Berikut ini karakteristik Samudra Hindia.
a.       Sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi Selatan.
b.      Satu-satunya samudra yang seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Timur.
c.       Wilayah perairannya berfungsi sebagai penyedia air hujan bagi gejala alam angin monsun untuk sebagian wilayah Asia dan Australia.
d.      Samudra Hindia memiliki arus yang relatif tenang dan jarang terjadi badai.
e.       Samudra Hindia memiliki beberapa palung laut, seperti Palung Jawa (7.450 m), Palung Weber (7.440 m), dan Palung Diamantina (7.102 m).

Samudra Arktik

http://dahlanforum.files.wordpress.com/2009/05/samudra-arktik.jpg?w=300&h=216

Luas Samudra Arktik mencapai ±14.056.000 km² dengan kedalaman rata-rata 5.400 m. Samudra ini terletak di kawasan Kutub Utara yang dikelilingi oleh daratan-daratan luas, seperti Greenland (Kanada), Alaska (Amerika), Rusia (Asia dan Eropa), dan kawasan Skandinavia (Eropa). Berikut ini karakteristik Samudra Arktik.
a.       Samudra Arktik merupakan samudra tersempit di dunia.
b.       Samudra Arktik merupakan satu-satunya samudra yang terletak di kawasan kutub yang tidak dilalui garis khatulistiwa.
c.       Samudra Arktik mempunyai suhu perairan dan udara terdingin.
d.      Sebagian besar wilayah perairannya tertutup oleh es dan banyak dijumpai bongkahan atau gunung es yang mengapung.

 

 

 

 

 


Tugas IPS
KARAKTERISTIK SAMUDRA DI DUNIA



OLEH


DEDET SATRIA

Kelas IX E


Guru Mata Pelajaran

YUDARMIS, S.Pd


SMP NEGERI 4 SUNGAI PENUH
KECAMATAN HAMPARAN RAWANG
KOTA SUNGAI PENUH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Maret 28, 2012

Karakteristik Samudera 1


Karakteristik Samudera di Dunia


Karakteristik Samudera Hindia.
Karakteristik Samudera Hindia adalah :
a.       Dikelilingi oleh Benua Asia dan Benua Afrika pada bagian Tmur, Utara, dan Barat, hanya bagian Selatan yang terbuka bebas langsung berhubungan dengan Kutub Selatan.
b.      Seluruh wilayah Samudera Hindia berada di bagian wilayah Garis Bujur Timur.
c.       Samudera Hindia menjadi sumber air hujan bagi negara-negara Asia bagian Tenggara dan Selatan, serta bagian Timur Benua Afrika.
d.      Samudera Hindia jarang menimbulkan badai besar seperti Samudera Pasifik sehingga pelayaran melalui Samudera Hindia relatif aman.
e.       Pada dasar samudera yang berbatasan dengan benua Asia terdapat pusat-pusat tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng dasar samudera sehingga menjadi daerah labil atau pusat gempa bagi negara-negara Asia seperti Indonesia, India, Afghanistan dan Iran.

Karakteristik Samudera Pasifik
a.       Merupakan samudera terluas di dunia.
b.      Mempunyai palung terdalam di dunia.
c.       Dilalui garis tanggal internasional pada garis bujur barat dan garis bujur timur yang berimpit di Kepulauan Samoa. Hari Minggu di wilayah garis bujur barat berarti hari Senin diwilayah garis bujur timur.
d.      Arus Samudera Pasifik mengalir ke Samudera Hindia melalui Selat Makasar, Selat Lombok, Selat Bali , sebagian melalui Laut Halmahera dan Laut Maluku dan laut Arafuru.
e.       Dipinggiran Samudera Pasifik mengalir arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oya syiwo yang saling bertemu di Laut Bering menyebabkan kondisi air laut sangat baik untuk perkembangan ikan laut. Disanalah nelayan pane ikan.
f.        Dasar Samudera Pasifik sering menjadi pusat gempa bumi di Jepang, Philipina, pantai Barat a Amerika Utara dan Amerika Latin.
g.       International Date Line (IDL), garis batas penanggalan Internasional yaitu pada 180 BT dan 180 BB, berada di samudera Pasifik


Karakteristik Samudera Atlantik
a.       Merupakan samudera yang menghubungkan dunia lama (Eropa) dengan dunia baru (Amerika ).
b.      Di Samudera Atlantik terdapat fenomena Segitiga Bermuda (pantai timur Amerika Serikat dekat Kepulauan Bermuda) yang terkenal karena daya gravitasinya yang besar atau menjadi pusat magnit bumi sehingga sering dikabarkan hilangnya kapal-kapal atau pesawat terbang yang melintas di atasnya.
c.       Sebagian besar wilayah Samudera Atlantik berada di wilayah garis bujur Barat.

Karakteristik Samudera Arktik
Karakteristik Samudera Arktik adalah :
a.       Mempunyai suhu permukaan paling dingin dibandingkan samudera-samudera yang lain oleh karena letaknya yang paling jauh dari garis khatulistiwa.
b.      Samudera Arktik menjadi satu-satunya samudera yang tidak dilalui garis khatulistiwa dan berbatasan langsung dengan Kutub Utara. Dengan demikian maka Samudera Arktik menjadi samudera yang tidak ada batasnya, karena mengelilingi Kutub Utara secara penuh.
c.       Seluruh wilayah Samudera Arktik berada di Garis Lintang Utara.

Ä  Samudera Pasifik
Luas Samudra Pasifik mencapai ± 165.385.450 km² dengan kedalaman rata-rata 4.250 m. Jika dilihat di globe, luas samudra ini meliputi hampir separuh permukaan bumi. Samudra Pasifik terletak di antara tiga benua, yaitu Asia, Amerika, dan Australia. Wilayahnya terbentang dari pantai Barat Amerika hingga pantai Timur Cina dan Australia dengan berbagai karakterstik berikut ini :
a.       Samudra Pasifik merupakan samudra terluas di dunia.
b.      Di Samudra Pasifik terdapat titik terendah di muka bumi, yaitu Palung Mariana (kedalaman 11.022 m) terdapat di Filipina.
c.       Samudra Pasifik memiliki banyak palung, yaitu Palung Tonga (10.882 m), Palung Kuril (10.542 m), Palung Filipina (10.497 m), Palung Kermatec (10.047 m), Palung Tzu Bonin (9.810 m), Palung New Hebrides (9.165 m), Palung South Solomon (9.140 m), Palung Jepang (8.412 m), Palung Peru-Cile (8.066 m), Palung Akution (7.822 m) dan Palung Amerika Tengah (6.662 m).
d.      Di Samudra Pasifik banyak terdapat gunung api aktif, sehingga sering terjadi gempa.
e.       Samudra Pasifik merupakan tempat pertemuan antara garis bujur Barat dan bujur Timur (180°) sebagai batas penanggalan internasional.
f.        Di Samudra Pasifik banyak terdapat negara kepulauan (kawasan Oceania).
g.       Di Samudra Pasifik banyak terjadi gejala alam El Nino dan La Nina, terutama di perairan yang dilintasi garis katulistiwa.
h.       Di Samudra Pasifik terdapat pertemuan arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oyasyiwo di Laut Bearing (Pasifik Utara) yang menimbulkan arus hangat dan merupakan kawasan tangkapan ikan yang sangat baik.

Ä  Samudra Atlantik
Luas Samudra Atlantik mencapai ± 82.217.000 km² dengan kedalaman rata-rata 3.350 m. Samudra ini terletak di antara Benua Eropa, Afrika, dan Amerika, sehingga berperan sebagai jalur lalu lintas penghubung antara dunia lama dengan dunia baru dengan karakteristik berikut ini :
a.       Samudra Atlantik terletak di daerah bujur Barat.
b.      Samudra Atlantik memiliki kawasan yang diyakini sebagai pusat medan magnet bumi, yaitu di kawasan Segitiga Bermuda di Perairan Karibia (Amerika Tengah).
c.       Di Samudra Atlantik terdapat deretan punggung laut terpanjang di dunia, memanjang dari Utara (Samudra Arktik) ke Selatan sepanjang Samudra Atlantik dan ke Timur menuju Samudra Hindia.
d.      Di Samudra Atlantik terdapat pertemuan arus dingin dari Perairan Greenland dan arus panas dari Teluk Meksiko di Perairan Labrador.
e.       Di Samudra Atlantik terdapat beberapa palung laut, seperti Palung Puerto Rico (9.220 m), Palung South Sandwich (8.264 m), Palung Romance (7.856 m), dan Palung Caynon (7.500 m).

Ä  Samudra Hindia
Luas Samudra Hindia mencapai ± 73.481.000 km² dengan kedalaman rata-rata 3.850 m. Samudra ini terletak di sebelah Selatan Benua Asia, sebelah Barat Australia, sebelah Timur dan Selatan Afrika, serta berbatasan dengan Kutub Selatan. Berikut ini karakteristik Samudra Hindia :
a.       Sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi Selatan.
b.      Satu-satunya samudra yang seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Timur.
c.       Wilayah perairannya berfungsi sebagai penyedia air hujan bagi gejala alam angi monsun untuk sebagian wilayah Asia dan Australia. Samudra Hindia memiliki arus yang relatif tenang dan jarang terjadi badai.
d.      Samudra Hindia memiliki beberapa palung laut, seperti Palung Jawa (7.450 m), Palung Weber (7.440 m), dan Palung Diamantina (7.102 m).

Ä  Samudra Arktik
Luas Samudra Arktik mencapai ±14.056.000 km² dengan kedalaman rata-rata 5.400 m. Samudra ini terletak di kawasan Kutub Utara yang dikelilingi oleh daratan-daratan luas, seperti Greenland (Kanada), Alaska (Amerika), Rusia (Asia dan Eropa), dan kawasan Skandinavia (Eropa).
Berikut ini karakteristik Samudra Arktik :
a.       Samudra Arktik merupakan samudra tersempit di dunia.
b.      Samudra Arktik merupakan satu-satunya samudra yang terletak di kawasan kutub yang tidak dilalui garis khatulistiwa.
c.       Samudra Arktik mempunyai suhu perairan dan udara terdingin.
d.      Sebagian besar wilayah perairannya tertutup oleh es dan banyak dijumpai bongkahan atau gunung es yang mengapung.

-  Negara-Negara di Kawasan Samudra
Pada umumnya, orang hanya mengetahui letak-letak negara di benua. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa negara di kawasan samudra yang keberadaannya terpisah dari benua. Negara-negara tersebut pada umumnya berupa negara kepulauan. Dari berbagai samudra yang ada di dunia, hanya Samudra Pasifik yang memiliki gugusan kepulauan yang membentuk suatu kawasan negara, yaitu kawasan negara-negara Oceania. Kawasan Oceania terletak di perairan bagian tengah dan Barat Daya Samudra Pasifik yang membentuk gugusan Melanesia, Mikronesia, dan Polynesia.
Oceania merupakan kawasan kepulauan yang terbentang luas di wilayah Samudra Pasifik. Terletak di antara pantai Tenggara Asia hingga bagian tengah Samudra Pasifik. Kawasan ini memiliki lebih dari 25.000 pulau yang tersebar di bagian Barat dan tengah Samudra Pasifik. Batas wilayah Oceania adalah Kepulauan Hawaii (Amerika Serikat) di bagian Utara, Pulau Paskah di sebelah Timur, Selandia Baru di sebelah Selatan, dan Kepulauan Palau dan Selandia Baru di bagian Barat. Secara garis besar, Oceania dapat dibagi menjadi tiga wilayah utama berikut ini. :
a.       Melanesia; meliputi daerah di bagian Utara dan Timur pantai Australia (meliputi Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Fiji, dan Kaledonia Baru).
b.      Mikronesia; meliputi gugusan pulau kecil dan atol yang tersebar luas di sebelah Utara Melanesia dan Timur Asia. Mempunyai empat kelompok kepulauan utama, yaitu Kepulauan Karolina, Kepulauan Mariana, Kepulauan Marshall, dan Kepulauan Gilbert.
c.       Polynesia; merupakan wilayah terbesar di kawasan Oceania. Terletak di tengah dan bagian Selatan Pasifik. Wilayahnya mencakup pulaupulau di Timur Melanesia dan di Selatan garis khatulistiwa, seperti Tuvalu, Tonga, Samoa, Samoa Amerika, Kepulauan Cook, Polynesia Prancis, Kepulauan Austral, Pulau Pitcaim, Selandia Baru, dan Pulau Paskah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar